Artikel Guru Karya Guru Literasi

Pesantren dan perkembanganya

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Pondok pesantren telah berperan dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat Indonesia, baik di tingkat pedesaan maupun di tingkat perkotaan. Pondok pesantren telah muncul dan berkembang dengan pesatnya dengan tujuan untuk menjadikan para santri yang beriman dan berilmu serta bermanfaat pada saat berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungannya. Pondok pesantren telah memberikan kontribusi terhadap pembentukan kepribadian, akhlak dan cinta terhadap agama dan negara. Keterlibatan pondok pesantren dalam membela agama dan negara dari penjajah tidak dapat dipungkiri.

    Istilah pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam lebih populer di masyarakat Pulau Jawa. Kepopuleran istilah ini muncul pada masa walisongo menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Walisongo menyebarkan Islam di Pulau Jawa melalui pondok sebagai tempat pembelajaran ilmu-ilmu ke-Islaman dan sosial. Sedangkan di wilayah lain seperti Aceh dikenal dengan sebutan rangkang, dayah, dan Meunasah. Sementara di Kalimantan disebut langgar,4 dan di Sumatra Barat di sebut dengan surau.

     Dalam tinjauan sejarah, pondok pesantren dikenal sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Eksistensi pondok pesantren telah memberikan andil dalam berbagai aspek kehidupan terbukti dengan perjuangannya membina insan yang berkualitas dalam iman, ilmu, dan amal melahirkan dan membentuk generasi ilmuan, politikus, dan cendekiawan di bidangnya masing-masing baik bertarap lokal, nasional, regional maupun internasional. Sejak kehadiran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia sampai saat ini tetap menjadi perhitungan dan rujukan dalam mengembangkan sistem pendidikan berbasis pesantren.

 *Oleh: M. Hasan Mudani, S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *