Berita Managemen Madrasah

Asesmen Madrasah (AM) MA Miftahul Ulum Al-Azizah Hari Ke-Lima, Mapel PKn dan SKI

Jember, 17 Maret 2023 – Pelaksanaan Asesmen Madrasah hari kelima dilaksanakan hari ini, Jumat (17/3), dimulai pada jam pertama dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan diikuti oleh mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada jam kedua.

Pelaksanaan Asesmen Madrasah merupakan program evaluasi berkala yang dilakukan oleh sekolah-sekolah madrasah di seluruh Indonesia, guna mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam mata pelajaran yang diajarkan. Asesmen tersebut dilaksanakan selama tujuh hari berturut-turut, dan diikuti oleh seluruh siswa kelas XII.

Pada hari kelima, mata pelajaran PKn menjadi fokus utama di jam pertama. Siswa-siswa diharapkan mampu menjawab berbagai pertanyaan tentang konsep-konsep dasar mengenai kewarganegaraan, hak dan kewajiban warga negara, serta fungsi-fungsi dari lembaga-lembaga negara.

Kemudian, pada jam kedua, siswa dan siswi diuji dalam mata pelajaran SKI. Asesmen diarahkan untuk menguji pemahaman siswa mengenai sejarah kebudayaan Islam dan kontribusinya bagi peradaban dunia. Siswa diharapkan mampu mengidentifikasi tokoh-tokoh penting dalam sejarah Islam dan memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Menurut Kepala Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Al-Azizah, Bapak Kusairi, S.Pd, pelaksanaan Asesmen Madrasah merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah madrasah. “Melalui asesmen ini, kita dapat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dalam mata pelajaran tertentu dan dapat menentukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah kita,” ujarnya.

Pihak madrasah berharap, pelaksanaan Asesmen Madrasah dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi siswa maupun siswi dan juga sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah.

Oleh: Tim Media MA Miftahul Ulum Al-Azizah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *