Artikel Karya Siswa

TIADA KESUKSESAN TANPA KEGAGALAN

Karya: Alfina

______________

Jangan takut gagal jika tidak pernah mencoba. Jatuh, bangkit lagi, gagal harus mencoba kembali. Teruslah mencoba sebisamu, tetap semangat, kuatkan tekad, diiringi do’a sembari bersabar, dan jangan pernah putus asa. Pasti kesuksesan akan datang. Itu pasti, percayalah.

Saat bayi baru belajar berjalan dia sering terjatuh. Tetapi dia sangat ingin berjalan dengan kaki kecilnya sambil membawa tubuhnya sendiri bukan di tuntun oleh orang tuanya. Dengan takdirnya dan penuh percaya diri, berdiri lagi untuk belajar berjalan lagi. Tapi dia terjatuh lagi, namun dia kembali berdiri dan terus berusaha berjalan sampai dia bisa.

Tidak pernah ada orang sukses yang tak pernah bertemu dengan kegagalan dalam setiap usahanya mencapai tujuan, seperti bayi tersebut, saat dia jatuh, dia bangkit lagi dan bediri lagi.

Gagal? Harus Mencoba Kembali!!!

Rasa sakitnya saat ia terjatuh terkalahkan dengan keinginan untuk bisa berjalan. Ia sudah terbiasa dengan terjatuh (gagal), maka dia belajar dari kegagalan sebelumnya untuk kembali berdiri dan kembali melangkah. Jangan berhenti saat gagal di percobaan pertama. Dengan berbekal kegagalan-kegagalan yang pernah terjadi, hari ini harus menjadi lebih baik lagi, siapa tahu dua sampai tiga langkah lagi kita menemukan kesuksesan yang sesungguhnya. Kegagalan adalah gerbang kesuksesan, kenapa harus gerbang? Kenapa tidak mencari perumpamaan yang lain?

Ibaratkan rumah adalah sukses, hujan dan jalan yang licin adalah rintangannya, gerbang adalah satu-satunya jalan untuk mencapai rumah, mau tidak mau kita harus melewatinya. Saat kemarin diperjalanan menuju rumah terkena hujan dan harus melewati jalan yang licin sampai membuat kita harus terjatuh. Belajar dari kegagalan sebelumnya, maka hari ini harus datang sebelum mendung supaya jalan tidak licin dan terjatuh lagi. Kita senndirilah yang memutuskan akan sukses atau tidak.

Kesuksesan di tentukan dari seberapa besar usaha kita untuk berhasil. Keberhasilan di tentukan dari seberapa kuat tekad dan keinginan kita untuk mewujudkannya dalam prosesnya pasti akan menjumpai kegagalan saat melewati rintangan yang akan menjadi penentu. Apakah kita sudah merasa cukup lelah dan berputus asa hingga akhirnya mundur dan melupakan perjuangan yang kita lewati dengan Blood sweat and tears?. Atau kembali melangkah dengan berbekal kegagalan. Kegagalan yang kemarin kita jumpai untuk membuat usaha kita berhasil hari ini.

Jika menginginkan sesuatu maka wjudkanlah

Cobalah membiasakan diri agar bisa, bisa karena terbiasa

Saat bisa kita pasti telah berhasil,

Telah berhasil sampai tujuan, tujuannya adalah mewujudkan KESUKSESAN.

_______________

*Siswi Kelas XB MA Miftahul Ulum Al-Azizah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *