Artikel Karya Guru

HARI PAHLAWAN

HARI PAHLAWAN
10 November

الوطن ينتظر الكثير منك فتسلح للمستقبل بالعلم و الخلق

Bangsamu berharap
banyak darimu, maka persenjatailah dirimu untuk masa depan dengan ilmu dan akhlak mulia

Banyak darah telah dikorbankan untuk kesejahteraan bangsa indonesia karena para pahlawan punya rasa cinta tanah air
Para pahlawan berjuang menghadapi ancaman dari para penjajah
Kita sebagai santri dan pelaku pendidikan haruslah terus memanfaatkan hasil perjuangan para pahlawan kita dengan mencerdaskan negeri ini, membuat Indonesia maju, dengan mengaji dari ilmu para ulama’.

Dalam mengenag jasa para ulama’ Kita bukan hanya bisa merenung dan bernostalgia saja, minimal kita harus mengahrgai jasa para pahlawan dengan mengirimkan Fatihah kepada pahlawan yang telah mengorbankan nyawa demi kita bangsa indonesia.

Bangsa yg hebat adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya

Tafsir al-Wasith, Syekh
Wahbah Al-Zuhaily mengatakan:

وفي قَولِهِ تَعَالى: (أَوِ اخْرُجُوا مِنْ دِيارِكُمْ) إِشَارَةٌ صَرِيْحَةٌ إلَى تَعَلُقِ النُفُوْسِ البَشَرِيَّةِ بِبِلادِها، وَإِلَى أَنَّ حُبَّ الوَطَنِ مُتَمَكِّنٌ فِي النُفُوْسِ وَمُتَعَلِقَةٌ بِهِ، لِأَنَّ اللهَ سُبْحانَهُ جَعَلَ الخُرُوْجَ مِنَ الدِّيَارِ وَالأَوْطانِ مُعَادِلاً وَمُقارِنًا قَتْلَ النَّفْسِ، فَكِلَا الأَمْرَيْنِ عَزِيْزٌ، وَلَا يُفَرِّطُ أغْلَبُ النَّاسِ بِذَرَّةٍ مِنْ تُرابِ الوَطَنِ مَهْمَا تَعَرَّضُوْا لِلْمَشَاقِّ والمَتَاعِبِ والمُضَايَقاتِ.

Di dalam firman Allah

“keluarlah dari kampung halaman kamu”

terdapat isyarat yang jelas akan ketergantungan hati manusia dengan negaranya, dan (isyarat) bahwa cinta tanah air adalah hal yang melekat di hati dan berhubungan dengannya. Karena Allah SWT menjadikan keluar dari kampung halaman dan tanah air, setara dan sebanding dengan bunuh diri. Kedua hal tersebut sama beratnya. Kebanyakan orang tidak akan membiarkan sedikitpun tanah dari negaranya manakala mereka dihadapkan pada penderitaan, ancaman, dan gangguan.”

*M Hasan Mudani, S.Pd WAKA Kesiswaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *