Artikel Karya Guru

Implementasi Pendidikan Karakter di MA. Miftahul Ulum Al-Azizah

Sudah menjadi keniscayaan disemua lembaga baik formal maupun non formal pasti mempunyai impian dan cita-cita yang luhur dalam menjalankan roda pendidikan. Hal itu merupakan Visi dan Misi lembaga, tidak terkecuali dilembaga yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Azizah, Yosorati Sumberbaru Jember, tepatnya di Madrasah Aliyah ( MA ) Miftahul Ulum Al-Azizah.

Lembaga Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Ulum Al-Azizah mempunyai Impian dan cira-cita yaitu;

” TERWUJUDNYA INSAN YANG UNGGUL DALAM IMTAQ, IPTEK, DAN AKHLAKUL KARIMAH YANG BERHALUAN AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH AN-NAHDLIYYAH “

Tentunya untuk mewujudkan impian yang besar, diperlukan tenaga dan upaya yang besar pula.
Maka dari itu lembaga Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Ulum Al-Azizah sangat bersyukur, karena keberadaannya bisa terintegrasi dengan pesantren, sehingga semua kegiatan-kegiatan keagamaannya bisa dikolaborasikan.

Hal itulah yang menjadi modal awal atau pondasi dasar penanaman karakter religius siswa dan siswinya dan kemudian bisa dituangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun demikian, dalam sebuah rencana dan perjuangan tidak terlepas dari hambatan dan rintangan, sehingga semua komponen yang terkait didalamnya harus bisa bahu-membahu dan bekerjasama untuk mewujudkan impian itu menjadi ntata.
Dengan kebersamaan dan tekat yang kuat bukan tidak mungkin hal-hal yang besar bisa diraih dan didapatkan.
Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Ulum Al-Azizah sudah berkomitmen untuk membangun lembaga secara bersama-sama, tidak
ada yang menginginkan menjadi superior dan unggul dibanding yang lain.
Sehingga sebuah lembaga apabila sudah dibangun oleh rasa kebersamaan dan kegotongroyongan akan nampak kuat dari semua lini, baik kepala madrasah dan dewan guru dan tenaga kependidikan yang lain. “jadilah super team bukan superman”
Sehingga apapun yang sudah menjadi program akan dilaksanakan bersama-sama.

Diantara kegiatan-kegiatan keagamaan di Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Ulum Al-Azizah Antara lain :

  1. Sholat dluha berjama’ah
    Sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai para siswa dan siswi diwajibkan mengikuti kegiatan sholat dluha secara berjama’ah yang dipandu oleh pengasuh pondok pesantren secara langsung.
  2. Sholat Dhuhur berjama’ah
    Setelah para siswa dan siswi melaksanakan kegiatan belajar mengajar selama dua jam terus menerus, maka untuk menyegarkan kembali otak dan tenaga mereka kami istirahatkan selama empat puluh lima (45) menit, agar para siswa dan siswi tidak merasa bosan dan suntuk dalam mengikuti pelajaran-prlajaran selanjutnya.
  3. Kegiatan Kerohanian
    Selain mendapatkan pelajaran-pelajaran yang sifatnya menjadi pelajaran wajib, di Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Ulum Al-Azizah juga dilaksanakan pelajaran kerohanian, yang berisi pembacaan surah Yasin dan tahlil, Burdah dan Diba’iyah bersama-sama.

Dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilakukan secara bersama-sama (berjama’ah), diharapkan untuk menumbuhkembangkan sifat kebersamaan, kebersatuan, dan kegotongroyongan. Dan selaras dengan bunyi sila ketiga pancasila ” persatuan Indonesia ” .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *