Berita Humas

Kepala dan Waka. Kurikulum Ikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka


Kepala madrasah MA Miftahul Ulum Al-Azizah, Kusairi, S.Pd dan Waka kurikulum Abdur Rahman, SH mengikuti Bimbingan Teknis (BIMTEK) Implementasi Kurikulum Merdeka yang digelar oleh penerbit Airlangga yang bekerjasama dengan KKM MAN 3 Jember hari rabu dan kamis (2-3/11/2022).


Acara digelar di Aula MA Sunan Ampel Gumukmas Jember yang diikuti oleh semua kepala dan waka kurikulum se KKM MAN 3 Jember.


Acara dibuka oleh Koordinator KKM MAN 3 Jember Saiful,S.Pd.I, MA. Dalam sambutanya pria yang juga menjabat sebagai sekjen PCNU kencong ini mengajak semua peserta BIMTEK untuk mengikuti acara ini dengan baik hingga selesai agar semua peserta memahami kurikulum terbaru ini sehingga nantinya bisa di implementasikan di madrasah masing-masing.
“kami mengundang bapak ibu kepala madrasah dan waka kurikulumnya untuk mengikuti BIMTEK ini dengan tujuan agar bapak ibu semuanya memahami atas adanya kurikulum terbaru ini, insyallah tahun depan ajaran 2023/2024 kurikulum merdeka ini wajib di implementasikan di madrasah kita oleh karena itu sebelum masuk tahun ajaran berikutnya kita semua harus memahami perubahan-perubahan dari kurikulum K13 ke kurikulum merdeka” . ujar salah satu dosen INAIFAS kencong ini.


BIMTEK kurikulum merdeka ini mengundang Drs. Zurni, S.Pd, M.Pd sebagai nara sumber dalam pengantarnya beliau memaparkan bahwa “ Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat pembelajaran sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik, fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi”. Ujar ketua Pokjawas Nasional ini


Abdur Rahman Waka kurikulum MA Miftahul Ulum Al-Azizah sangat antusias mengikuti BIMTEK ini karena banyak ilmu baru yang diperoleh terutama hal-hal yang berkaitan dengan merdeka belajar beliau mengatakan bahwa kurikulum merdeka ini memberi ruang kepada madrasah untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.


Hal senada disampaikan oleh Kusairi, S.Pd Kepala MA Miftahul Ulum Al-Azizah beliau mengatakan bahwa kurikulum ini sangat cocok untuk di implemenrasikan di sekolah atau madrasah yang berada dilingkungan pondok pesantren, dan kami berharap nanti akan ada BIMTEK lanjutan sebagai penguat dari acara hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *