Artikel Karya Guru

Spirit Sumpah Pemuda

Oleh : Kusairi, S.Pd *)


Tanggal 28 Oktober adalah hari dimana ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sebagaimana diketahui bahwa lahirnya sumpah pemuda menjadi awal moment bersejarah bagi bangsa indonesia dikarenakan menjadi lokomotif dimulainya pergerakan organisasi pemuda. Peran pemuda selanjutnya menjadi pelopor dalam membangun visi misi kebangsaan pada tahun 1928 yang diikuti oleh pergerakan-pergerakan yang pada akhirnya menghantarkan pada proklamasi kemerdekaan. Ikrar sumpah pemuda adalah Pertama Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, Kedua Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ketiga Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.


Kalau di peras maka esensi dari sumpah pemuda adalah pertama Menyatukan perjuangan bangsa indonesia, yang mana perjuangan akan lebih mudah berhasil apabila semua elemen bangsa ini bersatu tanpa memandang ras, suku dan agama. Kedua Menyatukan kebangsaan yaitu bangsa Indonesia, maka hanya ada bangsa indonesia sebagai titik perjuangn. Ketiga Nasionalisme, hal ini akan menumbuhkan kecintaan terhadap negara kesantuan Repuplik Indonesia.


Sebagai pemuda penerus perjuangan maka sudah sepantasnya kita melanjutkan perjuangan para tokoh-tokoh yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi tercapainya cita-cita bangsa ini. Tentu yang namanya perjuangan tak mesti harus sama, dimanakah kita bisa berjuang disitulah kita bisa melanjutkan nilai-nilai perjuangan para founding father, ada yang berjuang melalui jalur pendidikan, politik, gerakan sosial dan sebagainya.


Mudah-mudahan penerus bangsa ini selalu punya sprit dan perjuang yang membara dalam membangun bangsa ini.

*) Kepala MA. Miftahul Ulum Al-Azizah

4 thoughts on “Spirit Sumpah Pemuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *