Cerpen Karya Siswa

Perjuangan Seorang Santri

*Karya: Siti Aminatus Zahra

_____________

Di sebuah pesantren ada seorang santri yang rajin belajar untuk mencapai cita-citanya. Dia sangat gigih dalam belajar, untuk cita-citanya tercapai. Meskipun dia selalu disakiti oleh teman-temannya. Tetapi dia masih semangat dalam mencari ilmu. Cita-cita tersebut dia ingin menjadi guru, alasannya adalah supaya ilmu yang diperoleh dapat diamalkan, dan bermanfaat di kalangan masyarakat.

Di setiap harinya dia selalu mentaati paeraturan yang ada di pesantren tersebut. Dia selalu meluangkan waktunya untuk selalu belajar. Dia juga termasuk anak yang berbakti kepad kedua orang tuanya, dia selalu ingat pesan dari kedua orang tuanya “berjuanglah demi apa yang engkau inginkan”. Dia selalu mendapatkan rangking kelas setiap tahunnya. Dia selalu berdo’a kepada Allah untuk bisa menggapai cita-citanya tersebut. Meskipun ia tahu bahwa dirinya orang yang tidak mampu. Dia tetap berjuang demi apa yang dia inginkan. Bahwa dia ingin dirinya ketika lulius MA (Madrasah Aliyah) dia ingin mendapaftarkan diri untuk kuliah di luar kota.

Setelah bertahun-tahun dia ada di pondok, akhirnya dia sudah lulus, dia pun mendapatkan beasiswa, akhirnya dia mendaftarkan diri untuk kuliah diluar kota. Saat kuliah dia masih mengingat apa yang dikatakan oleh kedua orang tuanya. Setelah 4 tahun lamanya  akhirnya dia pun wisuda, dan Alhamdulillah dia sukses menjadi seorang guru. Dan dia bersyukur kepada Allah yang maha kuasa, karena apa yang ia impikan sudah tercapai. Meskipun dia sudah menjadi seorang guru, dia tetap merendahkan diri dan tidak pernah meninggikan diri. Karena dia tahu bahwa ilmu tidak akan mengalir kepada orang yang meninggikan diri. Dan diapun mengajari murid-muridnya dengan baik. Dan diapun membahagiakan kedua orang tuanya dengan kesuksesannya tersebut.

_____________________

*Siswi Kelas XB MA Miftahul Ulum Al-Azizah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *